RESMI Pengganti Kurikulum 2013 Bernama Kurikulum MERDEKA

Posted on
RESMI Pengganti Kurikulum 2013 Bernama Kurikulum MERDEKA
RESMI Pengganti Kurikulum 2013 Bernama Kurikulum MERDEKA

GuruZamanNow – Kabar terbaru, datang dari penyampaian Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam penyampaian Merdeka Belajar episode 15 dengan topik utama yaitu Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar. Yang disiarkan secara langsung (LIVE) melalui kanal Youtube resmi Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi yaitu KEMDIKBUD RI. Dalam paparan tersebut salah satu hal yang paling pening adalah pergantian secara resmi nama kurikulum baru dan RESMI Pengganti Kurikulum 2013 Bernama Kurikulum MERDEKA.

Dalam paparan tersebut disampaikan bahwa krisis pembelajaran di Indonesia telah berlangsung lama dan belum membaik dari tahun ke tahun. Ini merupakan krisis yang harus segara di atasi oleh pendidikan di Indonesia. Terlebih lagi krisis pembelajaran di perparah oleh adanya pandemi COVID-19 yang menyebabkan learning loss atau hilangnya pembelajaran yang menimbulkan meningkatnya kesenjangan pembelajaran.

Sebelum pandemi kemajuan belajar selama satu tahun (kelas 1 SD) adalah sebesar 129 poin untuk literasi dan 78 poin untuk numerasi. Sedangkan setelah pandemi kemajuan belajar selama kelas 1 berkurang secara signifikan atau kondisi ini di sebut learning loss, untuk literasi learning loss ini setara dengan 6 bulan belajar, dan untuk numerasi learning loss tersebut setara 5 bulan. Hasil ini di peroleh dari sampel 3.391 siswa SD dari 7 Kab/Kota di 4 provinsi pada bulan januari 2020 dan april 2021.

Penyederhanaan kurikulum

Dari adanya kondisi seperti yang dijelaskan di atas, tentu saja Kemendikbudristek tidak hanya diam saja. Penyederhanaan kurikulum menjadi solusi, penyederhanaan kurikulum dalam bentuk kurikulum dalam kondisi khusus yaitu kurikulum darurat yang lebih efektif untuk memitigasi ketertinggalan pembelajaran (learning loss) pada masa pandemi Covid-19.

Dari hasil survey di ketahui bahwa sekolah yang pada saat pandemi hasil belajar siswa 12 bulan pembelajaran, memberlakukan kurikulum 2013 mengalami learning loss selama 5 bulan, sedangkan sekolah yang memberlakukan kurikulum darurat atau penyederhanaan kurikulum mengalami learning loss hanya 1 bulan. Ini merupakan data yang sangat dahsyat, ini menunjukan bahwa kepadatan materi yang selalu dipaksakan tidak memiliki dampak positif terhadap keberhasilan belajar siswa. Justru dengan materi yang esensial menjadi lebih berhasil.

Penetapan Kurikulum Merdeka

Kurikulum merdeka merupakan nama resmi dari kurikulum prototipe atau kurikulum paradigma baru yang resmi di paparkan oleh Menteri Pendidikan. Dalam penerapan kurikulum merdeka ini Kemendikbud juga masih menjadikannya sebagai opsi atau pilihan bagi sekolah sekolah yang mampu atau siap untuk bisa menerapkan Kurikulum merdeka.

Baca : Kriteria dan Sarat Sekolah Boleh Menerapkan Kurikulum Merdeka / Prototipe

Demikianlah informasi RESMI Pengganti Kurikulum 2013 Bernama Kurikulum MERDEKA yang bisa kami bagikan semoga bermanfaat bagi rekan – rekan pendidik semua. Jangan lupa selalu kunjungi website GuruZamanNow.id untuk mendapatkan update informasi seputar kurikulum baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.